Transformasi Digital di Asia Tenggara
Pada data laporan Facebook yang berjudul Southeast Asia, The Home For Digital Transformation memiliki beberapa signifikasi, tetapi yang paling menjadi dasar signifikasi adalah Growing from strength to strength, Southeast Asia leads Asia-Pacific’s digital transformation. Dalam data yang ada, disebutkan bahwa kawasan Asia Tenggara menurut Facebook adalah kawasan yang pertumbuhan transformasi digital nya yang paling tinggi dari seluruh dunia.
Transformasi digital di Asia Tenggara yang begitu besar ini disebabkan karena pandemi Covid-19 seluruh masyarakat ASEAN harus berganti cara untuk tetap bisa beraktivitas dari offline menuju online, pada data Facebook disebutkan bahwa dimulai sejak umur 15 tahun secara mandiri menjadi konsumen digital menjadi bagian dari perubahan transformasi digital di Asia Tenggara terutama Indonesia. Indonesia menjadi negara dengan pertumbuhan yang paling pesat dan terus meningkat pada tahun 2021. Signifikasi ini menjadi modal awal masyarakat dalam beradaptasi di masa pandemi, di sektor perdagangan para pelaku usaha harus beralih ke media sosial seperti Instagram, Twitter, TikTok atau E Commerce untuk mempromosikan usaha mereka selain itu pelaku usaha juga bekerjasama dengan layanan pesan antar agar memberikan pelayanan yang semakin memudahkan para pelanggan.
Pada sektor pendidikan, adaptasi yang dilakukan oleh Indonesia saat ini adalah dengan melakukan vaksinisasi untuk pelajar dan mahasiswa minimal umur 12 tahun. Selain itu juga pemerintah mengeluarkan kebijakan sudah boleh melakukan pertemuan tatap muka di beberapa sekolah yang sudah ditinjau oleh dinas pendidikan sementara sekolah lainnya masih berjalan dengan virtual meeting/online.
Di sektor pariwisata, adaptasi yang dilakukan adalah menggunakan aplikasi sebagai tiket masuk atau reservasi, menyediakan berbagai macam keperluan sterilisasi seperti tempat cuci tangan, thermogun, dan hand sanitizer di beberapa titik, mengusakan untuk tidak menciptakan kerumunan, serta menempatkan tanda pengingat menggunakan masker. Teknologi juga pada akhirnya terus saling berinovasi untuk memberikan pelayanan yang mudah dan nyaman untuk masyarakat, perusahaan E Commerce yang ada di Asia Tenggara pada saat pandemi melakukan merger untuk berkolaborasi karena mereka mempunyai satu titik visi yang sama dalam melihat masa depan.
Pada akhirnya, perubahan pola pun terjadi dalam kehidupan masyarakat ASEAN, walaupun keadaan sekarang sudah membaik dari yang sebelum nya tetapi dikarenakan pola hidup manusia sudah berubah ditambah inovasi teknologi yang semakin memberikan kemudahan pelanggan, membuat tranformasi digital ini menjadi nyata dan akan ada beberapa kelompok masyarakat merubah gaya kehidupannya menjadi home-sentric.
Referensi
Facebook. (2021, August 30). Southeast Asia, The Home For Digital Transformation. Retrieved from https://web.facebook.com/business/news/southeast-asia-the-home-for-digital-transformation?_rdc=1&_rdr
sumber foto https://edukasi.kompas.com/read/2020/09/22/153700871/transformasi-digital-makin-marak-ini-hal-yang-diperlukan-perusahaan
Author: Ari Frits Sou Lekransy – Departemen Pengabdian Masyarakat